Anita Farhan

Resep Sayur Asem

Bahan Sayur Asem:
1 buah jagung manis, potong2
1 genggang kacang tanah kupas kulit, rebus
5 bh kacang panjang potong 3 cm
1/2 buah labu siam, kupas, iris kotak
daun melinjo secukupnya
buah melinjo secukupnya (+/- 15 butir)
asam jawa secukupnya (kalau aku 1 sdm asam jawa yang tua atau 3 btr asam jawa muda/berkulit---digeprek dulu)
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 btr kemiri
3 buah cabe merah
1 sdt terasi udang (goreng/bakar lebih dulu)

Cara Membuat:
1. Pertama-tama aku lebih suka merebus kacang tanahnya terpisah, agar air rebusannya yang biasanya agak kemerah-merahan tidak bercampur dengan kuah sayur nantinya.
2. Rebus jagung manis & buah melinjo sampai mendidih /matang, kemudian masukkan kacang tanah yang sudah direbus matang.
3. Masukkan bumbu halus & biarkan mendidih lagi, lalu masukkan garam & gula, jangan lupa icip dulu rasanya, baru masukkan asam jawa-nya.
4. Masukkan sayur2an lain sesuai dengan tingkat kekerasan dimulai dari labu siam, kacang panjang dan terakhir daun melinjo.
Angkat & sajikan dengan sambal terasi biar lebih mantap.

Resep Urap Megono

Bahan Urap Megono :
1/2 butir kelapa agak muda, kupas kulit arinya, parut memanjang
100 ml air kaldu sapi (dari 75 gr tetelan sapi yang direbus sampai empuk)
sepotong lengkuas
3 lbr daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
1 lbr daun salam
1/2 sdt garam halus
25 gr gula merah
1/2 sdm rebon kering
25 gr tempe semangit (saya nggak pake)

Bumbu halus :
3 bh cabe merah besar
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri

Sayur kukus/rebus :
1 ikat bayam, siangi
1 bh wortel ukuran besar, potong bentuk korek api
10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
50 gr toge/kecambah

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Masak sampai matang dan agak kering. Tuangi kaldu sapi, masukkan garam, gula merah dan rebon. Masukkan kelapa parut dan aduk sampai rata. Masak terus sampai setengah kering. Angkat dan dinginkan.
2. Setelah sayur kukus/rebusnya matang, campur bersama dengan bumbu urap. Sajikan.

Resep Rendang Ayam

Bahan Rendang Ayam::
1 ekor ayam (1 kg) potong mjd 12 bagian
1/2 liter santan kental (dari 2 butir kelapa)
1 liter santan encer (sisa dari 2 butir untuk perasan santan kental)
2 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 lembar daun kunyit disimpul
5 lembar daun jeruk
3 sdt garam
1 potong asam kandis (kalau tidak ada bisa pakai asam jawa)

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
8 buah cabe merah keriting/cabe india
2 cm jahe
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
1 sdt ketumbar sangrai

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak (3 sdm makan minyak goreng) hingga bumbu harum dan mengering. Masukkan santan encer bersama daun serai, daun kunyit, daun jeruk dan asam kandis sampai air santan mendidih.
2. Masukkan ayam, Aduk-aduk perlahan..masak hingga ayam berubah warna. Kecilkan api.
3. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai santan mengering.
4. Masukkan santan kental, aduk pelan-pelan sampai ayam matang dan kuah mengering. Angkat..siap untuk disajikan bersama nasi hangat dan pelengkapnya..

Resep Gulai Kerang

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram kerang dara
50 gram kelapa parut kasar, disangrai
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 butir bawang merah, diiris tipis
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 buah cabai hijau besar, diiris
2 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh air jeruk purut

Bumbu Halus:
1 batang serai, diambil putihnya
1 cm lengkuas
1 cm kunyit, dibakar
1/2 sendok teh ketumbar, disangrai
1/8 sendok teh jintan, disangrai
1/8 sendok teh adas, disangrai
1 buah kapulaga, disangrai
2 butir cengkeh, disangrai
1 cm kayumanis, disangrai
1/4 sendok teh pala
4 buah cabai merah
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah

Cara Pengolahan :
Rebus santan, bumbu halus, bawang merah iris, dan daun jeruk sampai harum dan mendidih.Masukkan kerang dara, cabai hijau, kelapa sangrai, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, tambahkan air jeruk purut. Aduk rata.Angkat dan sajikan.

Untuk 6 porsi.

Resep Cake Bayam Keju

Adapun cara membuatnya Cake Bayam Keju sbb:

Bahan-bahan :
3 butir telur
125 gr tepung beras
25 gr tepung maizena
100 gr gula pasir
100 ml minyak sayur
150 gr daun bayam jepang (horenso), yang sudah dipotong2, dan dicuci bersih (tanpa tangkainya)
60 gr creamcheese (bisa pakai keju cheddar parut)

Cara membuat:
- Panaskan oven (*ummi: pakai microwave oven, suhu 160 deg C)
- Blender daun bayam bersama minyak sayur hingga halus / lembut
- Campur tepung beras dan tepung maizena, ayak
- Kocok telur dan gula pasir dgn kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat (kira2 lamanya mengocok 5-10 menit).
- Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan campuran tepung, aduk perlahan, setelah rata masukkan campuran bayam dan minyak, aduk kembali hingga merata. (note: jangan terlalu lama mengaduk)
- Terakhir masukkan creamcheese, aduk hingga creamcheese merata, tidak ada gumpalan2 besar.
- Tuang adonan kedalam loyang persegi 18cm yang telah diolesi minyak/margarin. Panggang hingga matang.
(*ummi: pakai microwave suhu 160 deg C selama 20 menit, dilanjutkan 140 deg C selama 20 menit atau hingga matang).

Resep Super Soto Mie

Bahan Kaldu
2 liter air utk merebus
1 kg daging
5 Lembar daun Jeruk
4 Lembar daun Salam
1 Ruas jari Lengkuas Geprek
2 ruas daun Sereh, geprek
Bahan Bumbu Halus
Minyak goreng secukupnya utk menumis
10 buah bawang merah
5 buah bawang putih
1 ruas Jahe
1 ruas kunyit
1 sdm garam
1 sdt lada halus
1 sdt gula pasir
Semakin banyak air yg dipakai untuk membuat kuah kaldu
semakin banyak pula bumbu yg dipakai ya,
biar kuahnya berasa bumbunya.

Bahan Pelengkap
1/2kg Kikil sapi/kulit sapi
(kikil yg sudah siap pakai beli dipasar) cuci rebus sebentar,
karena sebelumnya sdh matang iris kotak-kotak kecil.
Risol siap pakai, goreng iris
(kalau ga mau repot beli yg sdh jadi dipasar/tukang gorengan)
hehe bunbun bangeeed tuh ;-D
1/2 kg Mie kuning, siram air panas tiriskan
1/2 bihun seduh dengan air panas sampai setengah empuk, tiriskan
1/4 kg Kol iris tipis
3 buah Tomat, iris kasar
5 batang Daun bawang iris kasar
Bawang Goreng untuk taburan
Jeruk Limo, ambil airnya
Sambal rawit rebus, haluskan
Kecap manis
Cuka

Cara membuat
Kuah Kaldu:
-Rebus daging sampai daging empuk
(tips agar daging cepat empuk: masukan garpu saat merebus daging)
setelah matang angkat daging, sisihkan kaldunnya.
Iris daging kecil-kecil.
- Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, kemudian masukan daun jeruk,
daun salam, lengkuas tumis sampai harum dan matang.
- Masukan tumisan ke air kaldu..
Penyajian :
- Siapkan 1 buah mangkok masukan daging, kikil, mie kuning, bihun, kol,
Kemudian siram dengan air Kaldu.
- Terakhir tata diatasnya dengan Risol,
taburan Daun bawang, tomat, bawang goreng, perasan jeruk limo, kecap manis
secukupnya, 2 tetes cuka. -Sajikan dengan emping dan sambal.

Cake Kukus Lapis Coco Pandan

Bahan I:
425ml putih telur
225gr gula pasir ( aku pake 200gr saja)
1/4sdt garam
10gr cake emulsifier misal Tbm,SP atau Ovalet

Bahan II:
200gr tepung terigu protein sedang
1/4sdt baking powder

Bahan III:
50ml santan (aku pake santan instant tropicana slim 2 sendok makan untuk 150ml air)

Bahan IV (Sarikaya):
100ml santan
125gr gula pasir
1/4sdt vanilli bubuk
1sdt tepung maizena
3 kuning telur
Pasta pandan

Cara Membuatnya:
Bahan I kocok putih telur hingga mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Tambahkan cake emulsifier, garam, vanillie sambil dikocok terus sampai mengental.

Masukkan Bahan II sedikit demi sedikit hingga rata, tuang Bahan III, aduk perlahan dengan spatula sampai rata, kemudian campur kembali dengan pasta pandan, aduk hingga rata

Tuang ke dalam 4 loyang bulat, aku pake diamater 20cm, yg sebelumnya sudah dikuas memakai minyak sedikit dan dialasi kertas roti.

Kemudian kukus selama 15 menit kemudian dinginkan

Cara membuat Sarikaya (Bahan IV)
Campur dan aduk semua bahan menjadi satu, steam selama 30 menit sambil terus diaduk hingga mengental.

Olesi masing2 cake dengan Sarikaya hingga rata lalu tumpuk.

Cake ini Low Kolestrol karena gak pake kuning telur di bahannya .

Resep Cendol Datang Bulan

Bahan Cendol Datang Bulan:
100 gr tepung hunkwe
50 gr tepung beras
100 ml air daun pandan dan suji
600 ml air
1 sdt garam
5 bh daging buah nangka, potong-potong
100 gr tape ketan hitam
es batu, secukupnya

SAUS GULA MERAH (didihkan, saring):
500 gr gula merah
100 gr gula pasir
200 ml air
3 lbr daun pandan

KUAH SANTAN (didihkan):
1500 ml santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan

CARA MEMBUAT:
1. Campur tepung hunkwe, tepung beras, air daun pandan dan suji, air, dan garam, aduk rata lalu masak sambil diaduk sampai adonan matang dan meletup-letup.
2. Siapkan air matang dalam wadah, lalu taruh cetakan cendol di atasnya. Tuang adonan cendol secukupnya, tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis.
3. Sajikan cendol dengan nangka, tape ketan hitam, saus gula merah, saus santan, dan es batu.

Untuk 8 orang.

Resep Daging Asam Pedas

Potong daging melawan serat, agar daging lebih cepat empuk.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram daging sapi, dipotong 4x5x1/2 cm
250 gram kentang, dipotong kotak
2 buah tomat, dipotong-potong
6 butir bawang merah, diiris tipis
1 1/4 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir
1.000 ml air
1 batang daun bawang, dipotong-potong
1 tangkai daun seledri, dipotong-potong
1 sendok teh air jeruk nipis
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
4 buah cabai merah
6 buah cabai rawit
50 gram kenari
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm jahe
1 cm lengkuas

Cara Pengolahan :
Lumuri daging sapi dengan 1/2 sendok teh air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Diamkan 15 menit.
Panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai harum. Tambahkan daging sapi. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan tomat, air, kentang, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang, daun seledri, dan air jeruk nipis. Aduk rata.
Untuk 8 porsi.

Resep Ayam Taliwang

Bahan Ayam Taliwang:
1 ekor ayam ukuran kecil
2 sdm air jeruk nipis
½ sdt garam
200 ml air
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
10 bh bawang merah
4 siung bawang putih
8 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
3 cm kencur
1 sdt terasi
1 bh tomat
1 sdm garam

Cara Membuat:
1. Belah dada ayam tapi tidak sampai putus, tekan agar melebar.Lumuri ayam dengan jeruk nipis, dan garam lalu diamkan selama 10 menit.
2. Tumis bumbu halus sampai harum.
3. Masukkan ayam sambil dibolak-balik hingga berubah warna.
4. Tuangkan air, masak di atas api kecil sampai bumbu meresap.
5. Bakar ayam sampai kecokelatan.

Untuk 5 Porsi, Waktu 25 Menit

Resep: Erwin Kuditawati.

Resep Soto Ayam kuah Santan

Bahan:
1/2 ekor ayam, cuci bersih
1 batang sereh, memarkan
1 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam, tergantung ukuran daunnya ya, klo terlalu besar 1 aja cukup.

2 cm lengkuas, memarkan
200 ml santan kental *saya pakai santan instan aja
600 ml air
2 batang daun seledri, iris halus

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 cm kunyit
1 cm jahe

Bahan Pelengkap:
2 butir kentang, kupas, potong dadu, rebus
2 butir telur rebus, potong 4 bagian
1 butir tomat segar, potong dadu
Touge secukup nya, sebelumnya touge nya di rendam air hangat
Soun secukupnya, sama kaya touge ya, direndam air hangat dulu.
Kol secukupnya, iris halus
Emping
Bawang Goreng
Acar Timun

Cara:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan daun jeruk, sereh, lengkus, Tumis sampai harum dan matang. Masukan ayam aduk rata.
Tambahkan air, masak sampai ayam matang. Sisihkan.
Masukan santan, aduk terus, agar santan tidak pecah. Tunggu sampai mendidih. Masukan irisan daun seledri.
Angkat dan Sajikan deh..

Happy Cooking..!!!

Tumis Tempe Kacang Panjang

Bahan:
- 1/2 papan tempe, potong dadu
- 1 ikat kacang panjang, potong seukuran batang korek api
- 1 siung bawang putih, iris tipis
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 1 buah cabe merah besar, iris tipis
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt kecap manis
- 1 sdt saos tiram
- sedikit Royco rasa ebi
- air secukupnya
- minyak untuk menumis

Cara membuat:
- Goreng tempe hingga setengah matang, tiriskan
- Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, sampai harum. Kalau pengen lebih pedas, bisa ditambahkan cabe giling halus.
- Masukkan kacang panjang, tambahkan air sedikit, tumis hingga kacang panjang hampir layu
- Masukkan tempe, dan bumbu-bumbu: garam, merica, kecap manis, saos tiram, royco aduk sampai rata
- Tunggu sampai matang, angkat hidangkan.

Mochi Ubi Ungu

Bahan ::Mochi Ubi Ungu::

Bahan kulit:
200 gr tepung ketan
15 gr tepung beras
100 gr gula pasir
200 ml air
1/4 sdt garam
10 gr mentega putih
4 tetes pewarna ungu

Bahan isi :
150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
100 ml susu cair
25 gr gula pasir

Bahan taburan:
25 gr maizena, sangrai 5 menit dengan api kecil, dinginkan.

Cara membuat:
1. Isi : campur semua bahan isi (bisa juga diblender biar benar2 halus), masak sambil diaduk sampai lembut. Angkat bentuk bola2. Sisihkan
2. Kulit: campur air, gula, garam, pewarna, dan mentega putih, aduk rata. (Dalam tahapan ini, tentu saja mentega tidak akan ikut tercampur dan larut. Hal ini tidak mengapa karena mentega akan larut dan tercampur pada tahapan berikutnya)
3. Tuang ke campuran tepung ketan dan tepung beras, aduk rata.
4. Saring dengan saringan halus sampai rata. Masukkan kedalam mangkuk tahan panas. (aku nggak pake tak saring...kalo ngaduknya pakai wisk bisa halus juga kok...^^)
5. Kukus 25 menit diatas api sedang. Angkat, aduk dengan sendok kayu. Kukus lagi 15 menit (tahapan pengukusan yang kedua ini aku skip)
6. Angkat dan mixer 2 menit dengan mixer spiral sampai lembut. Biarkan dingin.
7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi, bentuk bola-bola. Gulingkan diatas maizena. Kuas agar tepung tidak terlalu tebal.

Resep Jengkol Balado

Bahan Jengkol Balado:
- ¼ kg jengkol yang matang
- Minyak goreng
- Air untuk merebus
- 1/2 sendok teh kopi bubuk

Bumbu yang dihaluskan :
250 gr cabe - giling kasar
125 gr bawang merah - iris
2 buah tomat - iris dadu
1 lembar daun salam
1 sdt jeruk lemon
Garam secukupnya

Cara Membuatnya:
*Rebus jengkol, setengah matang masukkan kopi bubuk, rebus sampai empuk.
*Pukul-pukul pelan , agar sehingga bentuknya sedikit pipih
* Panaskan minyak. Masukkan jengkol goreng sebentar . Lalu angkat.
*Untuk bumbu yang dihaluskan, panaskan minyak lalu masukkan bumbu halus, goreng sampai bau menyengat cabe hilang. Masukkan air jeruk lemon, daun salam dan garam.
*Matikan kompor, tunggu sebentar lalu masukkan jengkol dan aduk hingga tercampur rata.
*Siap dihidangkan dengan nasi panas ..... sedepppp (2hit).

Resep TEKWAN

Bahan Tekwan :
250gr udang, kupas, cincang, sisihkan kulitnya
300gr daging ikan tanpa kulit dan tulang, cincang halus (aku beli udah digiling)
1 butir telur
1 sdt garam
50gr tepung sagu/kanji
1/4 sdt bumbu penyedap (aku gak pake)
125ml air
25gr jamur kuping, rendam air panas hingga mengembang, iris
25gr bunga sedap malam, rendam air panas, buat simpul
300gr bengkuang, potong bentuk korek api
2 btg seledri dan 2 btg daun bawang, iris kasar

Haluskan :
5 siung bawang putih
2 sdt merica bulat
1-2 sdt garam

Cara membuat:
Sangrai kulit udang sampai berubah warna. Tuangi 1500 ml air, didihkan 15 menit. Saring.
Campur daging ikan, garam dan air. Masukkan tepung kanji, putih telur dan bumbu penyedap. Aduk dan uleni sampai rata.
Didihkan air dalam wadah, sendoki adonan ikan sebesar kelereng, atau ambil secubit demi secubit. Masukkan dalam air mendidih hingga matang dan terapung, tiriskan.
Tumis bumbu halus sampai layu (aku menumis dengan sedikit margarine), masukkan udang cincang, jamur kuping, bengkuang, masak hingga layu. Masukkan ke kaldu, masak hingga matang. Sebelum diangkat dari api, masukkan bakso ikan, bunga sedap malam, daun bawang dan seledri. Sajikan panas-panas dengan sambal botol atau kecap rawit (kalo aku dengan kecap dan sambal rawit).

Resep Gulai Udang Nanas

::Gulai Udang Nanas::

Bahan :
1/2 - 1 kg udang (lebih enak ukuran sedang atau besar, tapi udang pacet mungil juga enak)
200 ml santan kental
800 ml santan encer
2 cm lengkuas, geprak
1 btg serai, geprak
3 lbr daun salam
1 bh nanas ukuran sedang, bersihkan, buang batangnya, potong-potong

Bumbu halus :
20 btg cabe rawit
7 btg cabe merah (sesuaikan dengan pedas yang diinginkan)
3 cm kunyit
5 btr bawang merah
3 btr bawang putih
4 btr kemiri
1 cm jahe

Cara membuat :
1. Didihkan santan encer beserta bumbu halus, daun salam, serai dan lengkuas sambil di timba-timba agar santan tidak pecah.
2. Masukkan nanas, aduk hingga nanas agak lunak.
3. Masukkan udang, masak hingga udang setengah matang, tuang santan kental, aduk sambil ditimba-timba hingga mendidih.
4. Beri garam, sajikan.

Resep Udang Saus Padang

Bahan Udang Saus Padang::
400 gr udang yg telah dikupas, sisakan ekornya
1 bh jeruk nipis
1 sdt garam

Bumbu giling;
10 bh cabe merah
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 bh tomat merah
2 lembar daun jeruk
lengkuas (geprek)
1 sdm saus tiram
1 sdm saus tomat
air masak
minyak u menumis

Cara membuat:
1. Cuci udang sampai bersih. Beri perasan air jeruk nipis dan garam. Aduk rata. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan lengkuas. aduk rata.
3. tambahkan saus tiram dan saus tomat, aduk rata kembali.
4. Masukkan udang, aduk rata. Tambahkan sedikit air. Aduk hingga air menyusut. Matikan api, udang siap dihidangkan.

Resep Lapis Pati Bodin

~Lapis Pati Bodin (jepara)~

Potong kue ini setelah kue benar-benar dingin, agar hasil potongannya lebih bagus dan rapi.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
175 gram tepung kanji
1/2 sendok makan tepung beras
125 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
25 ml air daun suji
1 tetes pewarna merah

Cara Pengolahan :
Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Biarkan hangat. Tambahkan tepung kanji, tepung beras, gula, dan garam. Aduk rata.
Bagi menjadi 2 bagian. Satu bagian tambahkan air daun suji. Aduk rata.
Ambil 50 gram adonan, tambahkan pewarna merah. Sisa adonan biarkan putih.
Bagi adonan hijau dan putih jadi 2 bagian.
Siapkan loyang loaf ukuran 16 x 8 x 5 cm yang dioles minyak goreng dan dialas plastik. Panaskan di dalam kukusan.
Tuang satu bagian adonan hijau. Kukus 10 menit. Tuang satu bagian adonan putih. Kukus 10 menit.
Tuang sisa adonan hijau. Kukus 10 menit. Tuang lagi sisa adonan putih. Kukus 10 menit. Terakhir tuang adonan merah. Kukus 15 menit sampai matang.
Dinginkan. Potong – potong

Untuk 10 potong
Sumber: Sajian Sedap

Resep Ayam Saus Teriyaki:

::Ayam Saus Teriyaki::

Bahan-bahan :
500gr daging ayam bagian dada, potong sesuai selera
1/2buah paprika hijau,potong-potong
1/2buah bawang bombay, iris memanjang
5 sdm saus teriyaki
4 siung bawang putih, parut halus
1 jempol jahe, parut halus
3 sdm kecap manis
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
10 ml air

Cara membuat :
Rendam daging ayam dalam campuran saus teriyaki, bawang putih dan jahe. Aduk rata dan biarkan selama 1 jam supaya meresap (simpan dalam lemari es ).
Tumis bawang bombay sampai layu, masukkan ayam berbumbu. Beri kecap, garam, gula dan merica, aduk rata. Tuangi air.
Tambahkan paprika, masak ayam sampai bumbu meresap dan ayam matang, tunggu sampai kuah menyusut dan mengental atau matikan api klo mau ada kuahnya.
Angkat, siap dinikmati dengan nasi hangat.

Resep Pepes Udang Tahu

::Pepes Udang Tahu::

Bahan :
4 buah tahu putih besar, hancurkan
¼ kg udang kupas bersih
1 genggam daun kemangi segar

Bumbu di haluskan :
3 buah cabe merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas kencur
1 ½ sdt garam
1 ½ sdm gula pasir

Cara membuat :
Dalam wadah, campur tahu dan bumbu halus serta udang yang dihaluskan bersama bumbu, aduk rata. Masukkan daun kemangi, aduk rata lagi.
Ambil selembar daun pisang, beri 3 sdm adonan lalu bungkus seperti lontong, semat dengan tusuk gigi pada kedua ujungnya.
Kukus dalam dandang selama 20 menit hingga matang, angkat.
Panggang hingga kering dan wangi (saya tidak pake panggang dah kering)

Sus Maker Ayam karbonara

Bahan cake:
5 kuning telur
3 putih telur
65 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
70 gram terigu protein sedang
10 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
1/2 sdm seledri cincang halus
30 gram margarin, cairkan

Bahan isi:
1 sdm margarin
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
50 gram ayam giling
2 sdm terigu protein sedang
150 ml susu cair
50 gram jamur kaleng, cincang kasar
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 kuning telur, kocok lepas
30 gram keju parut

Cara membuat:
isi:
1. panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan ayam giling, aduk sampai berubah warna
2. tambahkan terigu,aduk sampai menggumpal, tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin
3. masukkan jamur, garam, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir, aduk rata
4. tambahkan kuning telur, aduk cepat, masukkan keju parut, aduk rata. sisihkan.

Cake:
1. kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang.
2. Masukkan terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak sedikit demi sedikit. aduk rata
3. masukkan seledri & margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga rat
4. tuang setengah bagian cake dalam cetakan muffin yang sudah dialasi kertas cup, isi dengan bahan isian, tutup dengan adonan cake hingga hampir penuh. (boleh juga ditaburin keju lagi..)
5. oven selama 20 menit dengan suhu 190'C hingga matang
6. Setelah dingin, sajikan.

Resep Martabak Mini

```Martabak Mini```
* 375 ml santan hangat
* 2 btr telur
* 1/4 sdt soda kue

Bahan Topping:
* 500 g kacang tanah, sangrai, kupas, cincang
* 200 g wijen, sangrai
* 500 g gula pasir
* 300 g meses
* 200 g keju parut
* 1 kaleng susu kental manis

Cara Membuat:
* Masukkan ragi ke dalam santan hangat, aduk sampai larut dan berbusa, sisihkan.
* Campur tepung terigu dan gula, buat lubang di tengahnya, masukkan telur ke dalamnya. Uleni sambil dituangkan larutan santan, sampai gula larut, masukkan soda kue, uleni kembali sampai tercampur rata. Biarkan kurang lebih 15-20 menit di tempat yang hangat.
* Panaskan wajan martabak ukuran kecil dan olesi margarin. Tuang adonan ke dalamnya sampai naik dan permukaannya agak mengering dan bagian luarnya menjadi kecokelatan.
* Angkat dan taburi gula pasir ke permukaan martabak hingga rata. Tambahkan dengan susu kental manis sesuai dengan selera. Taburi bahan kesukaan Anda dan bahan taburan dapat dikombinasi sesuai selera.

Untuk 10 porsi
Nilai gizi per porsi:
Energi: 333 Kal
Protein: 9,8 g
Lemak: 16,3 g
Karbohidrat: 48,3 g

Resep Martabak Bangka

Bahan ::Martabak Bangka::
500 gram terigu protein sedang
750 ml air
1 butir telur
50 gram gula pasir
1 sdm garam
1 sdt soda kue

Bahan isi:
meises
kacang tumbuk
keju
gula pasir
susu kental manis
atau sesuai selera

Cara membuat:
- Campur semua bahan jadi satu, kecuali soda kue.
- Aduk-aduk sampai licin dan tepung larut. Diamkan 1 jam atau lebih
- Panaskan loyang martabak (Aku pake teflon, secara ga punya loyang martabak)
- Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata
- Tuang adonan ke dalam wajan sampai 1/2 penuh
- Masak sampai bagian atas kering dan kelihatan berpori
- Taburi gula pasir, tutup wajan
- Angkat martabak, olesi dengan mentega, isi sesuai selera.

Resep PAO DAGING SAPI

Bahan PAO DAGING SAPI:
400 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
11 gr ragi instant (1 bungkus)
150 gr gula pasir
200 ml air hangat
50 gr mentega putih (shortening)

Isi :
2 sdm minyak untuk menumis
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdt parutan jahe
300 gr daging sapi, cincang kasar
2 batang daun bawang, rajang halus
3 sdt gula pasir
3 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air

Cara membuat Pao:
1. Campur jadi satu gula pasir, ragi dan air hangat (gunakan wadah yang cukup besar ya, karena campuran ini akan mengembang dan berbuih (butuh waktu sekitar 15 menit)
2. Masukkan campuran ragi sedikit demi sedikit de dalam tepung sambil diuleni hingga kalis (kurleb 15 menit)
3. Setelah kalis, bulatkan adonan, lalu tutup wadah dengan plastic wrap, biarkan selama kurang lebih 1 jam (proses fermentasi dengan ragi yg telah dilarutkan termasuk lama, tapi hasilnya bagus dan enak). Waktu proofing juga tergantung kondisi suhu sekitar, semakin dingin semakin lama. Jika udara dingin, sy biasanya memfermentasikan diatas kompor mati yang sebelumnya telah dipanaskan. Adonan akan mengembang 2x lipatnya
4. Tambahkan mentega putih, uleni lagi sampai kalis

Cara membuat isian :
1. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan jahe sampai harum
2. Masukkan daging cincang lalu aduk sampai daging berubah warna
3. Tambahkan daun bawang, gula pasir, garam, merica, saus tiram dan kecap. aduk rata. Tambahkan air secukupnya, masak hingga daging matang
4. Masukkan larutan maizena, masak sampai kental. Angkat, biarkan agak dingin

Penyelesaian :
1. Ambil adonan pao, bagi menjadi beberapa bagian sama besar. bentuk bulat
2. Pipihkan, lalu isi dengan adonan isi sesuai selera. Bulatkan lagi. Alasi bagian bawah pao dengan kertas roti
3. Kukus dalam dandang yang telah dipanaskan terlebih dahulu selama kuang lebih 10 menit dengan api sedang hingga matang.

Resep Rawon Daging

Bahan Rawon Daging:
500 g daging sandung lamur, potong dadu
1.600 ml kaldu sapi
2 sdm minyak goreng

Bumbu:
7 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
5 buah kluwak, kukus, haluskan isinya
4 butir kemiri, haluskan
½ sdm ketumbar, sangrai, haluskan
2 buah cabai merah, buang bijinya, haluskan
2 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1 cm jahe, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 sdt garam halus

Pelengkap:
100 g tauge
60 g daun kemangi
6 buah kerupuk udang
3 butir telur asin
Sambal terasi secukupnya

Cara Membuat:
1. Rebus daging hingga empuk. Tiriskan, sisihkan kaldunya.
2. Panaskan minyak, tumis semua bumbu hingga harum. Masukkan daging, aduk rata. Tuang kaldu hingga mendidih dan kuah agak mengental. Angkat.
3. Penyajian: Siapkan mangkuk saji, tuang rawon beserta isinya. Tambahkan tauge dan daun kemangi. Sajikan panas dengan dilengkapi telur asin, kerupuk udang, dan sambal terasi.

Untuk 6 Porsi

Tip: Kluwak merupakan bumbu dapur yang berasal dari biji, warnanya hitam. Berfungsi memberi rasa gurih dan warna hitam pada masakan. Kukus sebelum digunakan agar tidak berasa mentah.

Resep Bolu Kukus Ceria

Bahan:
450 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
4 btr telur
300 cc air putih/susu encer/santan
Pewarna makanan kuning, hijau, merah muda

Cara membuat:
1. Kocok semua bahan menjadi satu selama 10 menit.
2. Ambil 3 buah mangkuk, beri masing-masing mangkuk 4 sdm adonan, beri pewarna masing-masing kuning, hijau, dan pink. Aduk.
3. Siapkan cetakan bolu kukus mekar, lapisi dengan kertas cup. Tuang adonan putih 3/4 penuh, beri atasnya dengan adonan warna 1 sdm.
4. Kukus dalam kukusan yang sudah beruap banyak selama 15 menit.

Untuk 20 buah

Resep: Fatmah Bahalwan, pendiri NCC (Natural Cooking Club)
Note: bahan telur n gula di kocok sd mengembang banget...panas kukusan yg maximal..pasti dujamin mekrok bagus dehh...

Kue Onde-onde Kacang Ijo

Bahan isi:
200 gr kacang hijau kupas, rendam 3 jam
175 gr gula pasir
1 lbr daun pandan
75 ml santan kental
¼ sdt garam

Biang:
2 sdm tepung kanji
7 ml air

Kulit:
175 ml air
75 gr gula pasir
¼ sdt garam
300 gr tepung ketan

Pelengkap:
100 gr wijen
minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Isi: Kukus kacang hijau selama 1 jam hingga matang. Tuang ke wajan antilengket, tambahkan gula pasir, daun pandan, santan, dan garam. Masak sambil diaduk hingga adonan dapat dipulung.
2. Biang: Aduk bahan biang, lalu masak sambil diaduk hingga meletup-letup.
3. Kulit: Didihkan air, gula, dan garam, lalu masukkan ke dalam tepung ketan, aduk rata. Masukkan biang sambil diuleni hingga kalis. Bagi adonan kulit menjadi 40 bagian. Bagi juga adonan isi 40 bagian.
4. Pipihkan adonan kulit lalu tambahkan isi, bulatkan.
5. Celup bulatan kue ke dalam air lalu gulingkan ke wijen. Goreng dalam minyak dingin, setelah terapung, besarkan sedikit apinya. Angkat setelah kue berwarna kuning kecokelatan.

Untuk 40 porsi

Tips:
* Gunakan api kecil saat memasukkan kue. Saat kue setengah terapung, besarkan sedikit apinya agar mengembang dan kue tidak meletus.
* Setelah kue macho terapung, goreng sambil ditekan-tekan agar mengembang.
* Buatlah isi kacang hijau sehari sebelum membuat kue agar isian lebih keras dan mudah dibentuk.

Resep Bandeng Presto

Bahan membuat:Bandeng Presto adalah:

- 1 kg bandeng – bersihkan perut dan buang insangnya (biarkan sisiknya)

- 3 sdm air asam

- 2 sdm garam

- 1 sdm ragi tape – haluskan

- 10 lbr daun salam

- 10 cm lengkuas – iris dan memarkan

- 2,5 lt air

- 1 butir telur

- Daun pisang secukupnya (bisa dihilangkan karena fungsinya hanya untuk memudahkan mengangkat bandeng)

BUMBU YANG DIHALUSKAN:

- 14 butir bawang merah

- 7 siung bawang putih

- 4 cm jahe

- 4 cm kunyit

- 1 sdm garam

CARA MEMBUAT:

- Cuci bersih bandeng lalu tiriskan

- Lumuri bandeng dengan air asam, garam dan ragi – diamkan 1 jam

- Olesi bandeng dengan bumbu halus hingga rata – beri daun salam dan lengkuas, balut dengan daun

- Tuangkan 1 liter air dalam pressure cooker, taruh saringan diatasnya

- Letakkan bandeng yang telah dibungkus daun di atas saringan

- Masak selama 30 menit dihitung sejak panci berdesis

- Dinginkan panci, buka tutupnya dan tuang air lagi

- Masak lagi selama 30 menit dihitung sejak panci berdesis

- Dinginkan panci dan masak lagi dengan panci terbuka sampai air habis

- Angkat, tiriskan dan dinginkan

- Gulingkan bandeng presto dalam kocokan telur, angkat lalu goreng

- Sajikan bersama sambal dan lalapan

SAMBAL UNTUK BANDENG PRESTO

HALUSKAN lalu goreng dengan 4 sdm minyak sayur:

- 150 gr cabai merah

- 10 buah cabai rawit merah

- 8 butir bawang merah

- 4 siung bawang putih

- 1 sdt gula pasir

- 1 sdt garam

- 1 sdt terasi goreng.

MEMBUAT IKAN SARDINES

HOMEMADE IKAN SARDINES

Bahan:

1 kg ikan sardines/ikan krismon/ikan lemuru/ikan kembung (potong kepalanya)

3 jeruk nipis/air jeruk lemon

3 batang serai memarkan

5 cm jahe memarkan

5 lembar daun salam

2 sdt garam (secukupnya)

1 sdm gula pasir (secukupnya)

5 sdm saus tomat botolan

2 sdm air asam jawa

500 ml air putih matang

Bumbu Halus:

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

3 buah tomat ukuran besar

5 buah cabe merah besar

Cara Membuat:

1. Bersihkan ikan dari sisiknya, dan potong bagian kepalanya. Cuci hingga bersih, lalu tuangi air jeruk nipis atau air jeruk lemon. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilas lagi dengan air bersih.


2. Masukkan ikan kedalam panci presto, masukkan pula bumbu halus, serai, jahe, daun salam, garam, gula pasir, saus tomat, air asam jawa dan air putih matang. Tutup panci prestonya, masak sekitar 1 sampai 1 1/2 jam. (Kalau 1 1/2 jam menurut saya ikan jadi lebih empuk..tulang dan duri lebih lunak lagi).


3. Jika sudah selesai waktu memasaknya, biarkan dingin dulu. Baru kemudian ambil dan pindahkan ikan sardin secara hati-hati, agar ikan tidak rusak atau hancur.


4. Ikan sardin bisa dikemas di kotak/box plastik kedap udara dalam jumlah sedikit-sedkit...simpan di kulkas. Bisa bertahan selama kurang lebih satu minggu. Mudah bikinnya...enak pula rasanya, lebih sedap daripada ikan sardin kalengan.

Resep Bandeng Bumbu Bali

Mari kita coba masakan Bandeng Bumbu Bali

BAHAN-BAHAN
1 kg ikan bandeng
100 ml air
4 sdm air jeruk nipis
3 sdm kecap manis
2 lbr daun jeruk
1 bks Royco All-in-One
Garam dan gula pasir secukupnya sesuai selera
Minyak untuk menggoreng ikan dan menumis

CARA MASAK
Bersihkan ikan bandeng lalu buang sisiknya dan potong. Lumuri dengan bahan menggoreng ikan lalu diamkan.
Setelah didiamkan, goreng ikannya hingga berwarna kuning keemasan lalu angkat dan sisihkan.
Panaskan minyak untuk menumis lalu masukan bahan yang dihaluskan ditambah dengan daun jeruk hingga aromanya menjadi wangi dan bumbu betul-betul matang.
Tambahkan gula, kecap manis, Royco dan air. Masak hingga kuahnya mengental.
Setelah kuahnya mengental masukan ikan bandeng yang telah digoreng, masak sebentar hingga bumbu meresap lalu angkat. Ikan Bandeng Bumbu Bali pun siap untuk dihidangkan.

Resep Asam Pedas Ikan Baung

Inilah cara membuat Asam Pedas Ikan Baung.

Bahan :
* kilogram ikan baung atau ikan patin, potong 5 bagian
* liter air
* 3 buah asam kandis
* tangkai serai, dimemarkan
* lembar daun kunyit

Bumbu halus :
* 3 cm lengkuas
* 10 buah cabai merah
* 2 cm jahe
* 2 cm kunyit
* 5 butir bawang merah
* ½ sendok makan garam

Cara bikin :
* rebus bumbu halus, asam kandis, serai, daun kunyit sembari diaduk sampai kuah kental.
* masukkan ikan lantas rebus diatas api kecil hingga masak. angkat hidangkan.

Resep PIA KACANG HIJAU

```PIA KACANG HIJAU```

Bahan Kulit I:
250gr Tepung terigu protein sedang
125cc Minyak goreng
75cc Air
50gr Gula halus
Sedikit garam

Bahan Kulit II:
200gr Tepung terigu protein sedang
100gr Minyak goreng

Isi :
200gr kacang hijau kupas
125gr gula pasir
1/2sdt vanili bubuk
2sdm susu bubuk
250ml air
1lbr daun pandan
1sdm margarin

Cara membuat :
1. Isi : rendam kacang hijau selama 2 jam, tiriskan dan cuci bersih lalu kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dengan gula pasir dan daun pandan, masukkan kacang hijau dan vanili bubuk. Masak hingga menjadi kalis. angkat dan dinginkan.
2. Adonan II : Campur semua bahan II hingga rata. Sisihkan.
3. Adonan I : Campur semua bahan I, uleni hingga rata.
4. Bagi adonan I dan II menjadi 20 bagian atau sesuai selera. Pipihkan adonan I, letakkan adonan II diatasnya. Bungkus membentuk kotak. Lebarkan dan lipat menjadi 4 bagian. Lakukan hingga 2 kali.
5. Pipihkan membentuk bulat. Isi dengan isian kacang hijau, rapikan hingga menutupi isiannya. Atur diloyang, lakukan hingga adonan habis. Oles permukaannya dengan kuning telur
6. Panggang dalam oven suhu 160 derajat celcius hingga matang.

Resep Puding Jeruk

Bahan PUDING JERUK:
2 bks agar-agar tidak berwarna (saya pakai Swallow Globe brand)
200 gr gula pasir (boleh dikurangi bila tidak suka terlalu manis)
30 gr Nutrisari
1 klg jeruk kalengan (pisahkan jeruk dari cairannya
1150 cc air

Cara :
Siapkan 2 panci untuk merebus agar-agar, yang satu untuk agar-agar nutrisari dan yang satunya lagi untuk agar-agar transparan.
Masak 1 bungkus agar-agar yang dicampur dengan 650 cc air dan ditambahi gula sebanyak 100 gr dan nutrisari.
Rebus sambil diaduk-aduk sampai mendidih kemudian kecilkan api
Pada panci satunya rebus air dari jeruk kalengan dan ditambah air putih sampai 650 cc.
Tambahkan sisa gula (100 gr) pada agar transparan, aduk-aduk sampai mendidih kemudian kecilkan api.
Siapkan cetakan agar, basahi dengan air.
Tuang agar warna kuning (nutrisari) setinggi 1cm, dinginkan.
Setelah cukup beku tata jeruk kalengan di atas agar beku.
Tuang agar transparan, bekukan.
Tuang lagi agar kuning dan transparan selang-seling (susun jeruk kalengan pada agar transparan) sampai habis
Bekukan dan simpan di dalam lemari es
Siap dinikmati bila sudah beku dan dingin.

Resep Martabak Manis

Bahan Martabak Manis```

Bahan I:
500 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
80 gr gula pasir
1/2 sdt garam
550 ml air
1 sdt ragi instan

Bahan II :
6 butir telur
80 gr gula pasir
1 1/4 sdt soda kue
100 gr blue band, cairkan

Pelengkap :
60 gr blueband ~ me : 100gr
100 gr selai kacang ~ me : 100 gr kacang goreng, cincang kasar
3 bh pisang tanduk kukus, potong-potong ~ me : ga pake
100 gr meisis ~ me : Dark Choco Cooking yang dicincang halus
~ me : Susu Kental Manis secukupnya
~ me : 75 gr wijen, sangrai sebentar
~ me : 100 gr keju cheddar, parut

Cara membuat :
- campur terigu + baking + gula + garam aduk rata, tuang sebagian air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, tuang sisa air sambil dikocok dengan wisk selama 30 menit, tambahkan ragi, aduk rata, diamkan 30 menit
- kocok lepas telur, tambahkan gula + soda kue, aduk rata, tuang ke adonan aduk rata, tambahkan mentega cair aduk rata
- panaskan wajan teflon 15 cm dengan api sedang, olesi dengan sedikit mentega, tuang 1 sendok sayur, biarkan 1/2 matang dan berlubang-lubang , tutup wajan, biarkan matang
- angkat, olesi dengan mentega, taburi dengan bahan pelengkap sesuai selera, lipat, olesi bagian luarnya dengan mentega
- potong sesuai selera, sajikan hangat.

Resep TAHU TELUR

Bahan TAHU TELUR:
3 btr telur, kocok lepas
2-4 bh tahu putih, potong dadu (sesuaikan dengan besar kecilnya tahu yaa)
garam & lada bubuk secukupnya

Bumbu kacang:
150 grm kacang tanah goreng
4 bh bawang putih yang sudah digoreng dalam keadaan utuh
4-6 btr cabe rawit, goreng sebentar (sesuai selera...kalau mau pedas bisa ditambah)
50 grm gula merah, sisir
1-2 sdt petis udang (ini juga bisa disesuaikan dg selera yaa), kali ini aku skip karena lagi kehabisan stok petis udang yang enak
Garam dan gula pasir secukupnya
Air hangat secukupnya .

Bahan Pelengkap:
3 bh lontong siap santap
150 grm kol, iris tipis (aku skip, aku ganti kecambah/tauge untuk rawon )
150 grm tauge, siangi, rebus setengah matang
Daun sledri secukupnya, iris halus
Kecap manis secukupnya
Bawang putih dan bawang merah goreng untuk taburan
Krupuk


Cara membuat :
1. Kocok telur yang sudah diberi garam & lada bubuk secukupnya. Masukkan potongan tahu, aduk rata. Goreng menjadi 3 bagian diatas terflon datar (seperti membuat telur dadar), sisihkan
2. Untuk bumbu kacang : uleg semua bahan bumbu kecuali petis dan air matang, uleg hingga halus. Tambahkan petis dan air hangat secukupnya hingga didapat kekentalan yang diinginkan, uleg rata, tes rasa
3.Penyajian : letakkan diatas piring berturut-turut lontong, tahu telur, tauge, kol, siram dengan bumbu kacang. Taburi dengan daun sledri, bawang putih & bawang merah goreng, kacang tanah goreng serta siram dengan kecap manis sesuai selera
4. Sajikan dengan kerupuk.

Mengatasi Gangguan Menstruasi

Gangguan menstruasi paling banyak ditemui pada wanita berusia 20-40 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan remaja juga ada yang mengalami sakit hebat saat menstruasi.

Nyeri haid sering dialami wanita karena faktor hormonal, tetapi perlu diwaspadai karena nyeri haid juga bisa merupakan gejala dari endometriosis/kista (tumor jinak).

Menstruasi keluar setiap bulannya. Apakah keluar tuntas setiap bulannya? karena jika tidak tuntas akan memicu tumbuhnya endometriosis/kista (tumor jinak).

Ada herbal ekstrak sari pati tumbuhan alami yang sangat aman dikonsumsi, untuk membantu menuntaskan menstruasi setiap bulannya dan mengatasi gangguan menstruasi.
Gunakanlah 3x1 kapsul sehari untuk Lancar Haid yang diminum 2 hari menjelang menstruasi sampai 9 hari setiap bulannya

Menstruasi/haid adalah pelepasan dinding rahim yang disertai dengan perdarahan. Terjadi secara rutin setiap bulannya sehingga disebut siklus menstruasi. Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik.

Resep Bika Ambon Oval

BIKA AMBON OVAL

Silahkan dicoba resep ini, hasilnya bagus lho seperti bika ambon yang ada di Bakery. Lembut dengan sarang yang bagus.

Bahan A:

100 gr Tepung terigu protein sedang

200 ml Air kelapa segar

11 gr Ragi instant

Bahan B:

16 btr Kuning telur

400 gr gula pasir

300 gr Tepung sagu tani

600 ml Santan kental matang

1 sdt Garam

1 sdt Vanilli

Cara membuatnya:

Aduk bahan A sampai rata, diamkan selama 15 menit.

Aduk rata: telur, gula, garam dan vanilli, lalu masukkan bahan A, dan tepung sagu, aduk rata sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Saring.

Istirahatkan selama 2 jam.

Tuang adonan kedalam cetakan oval yang telah dipoles minyak tipis-tipis (adonan jangan diaduk lagi). Panggang dalam oven panas 180 derajat celsius yang pintunya dibuka sedikit, sampai matang.

Tips:

Gunakan air kelapa segar, bukan yang sudah menginap semalam.

Setelah diolesi minyak, panaskan loyang terlebih dahulu di dalam oven.

Setelah adonan didiamkan selama 2 jam, akan timbul banyak busa dipermukaan adonan.
Buang dulu busa tersebut dengan cara menyendokinya, baru tuang adonan di bawahnya ke dalam loyang. Adonan jangan diaduk lagi, nanti sarangnya rusak.

Gunakan api bawah saja, agar bagian atas tetap berlubang-lubang cantik.

Jika mungkin, lapisi dasar loyang dengan kertas roti, supaya mudah mengeluarkan kue.

CERITA DALAI LAMA

KATA-KATA INDAH" dari Dalai Lama.

Sewaktu Ditanya Apakah yang Paling Membingungkan di Dunia ini ?

Beliau menjawab : "Manusia",

Karena dia "Mengorbankan Kesehatannya" hanya "Demi uang";
Lalu dia "Mengorbankan Uang"nya demi Kesehatan".

Lalu dia "Sangat Khawatir" dengan "Masa Depannya", sampai' dia "Tidak Menikmati Masa Kini";

Akhirnya dia "Tidak Hidup di Masa Depan atau pun di Masa Kini";
dia "Hidup Seakan-akan Tidak Akan Mati",
Lalu dia "Mati" tanpa "Benar2 Menikmati" apa itu "Hidup".

Friends, bersyukurlah apa yang selama ini kita dapati dan kita nikmati. Karena kita tidak akan tahu, apa yang akan terjadi hari esok...

~» Ketika lahir dua tangan kita kosong...
ketika meninggal kedua tangan kita juga kosong...

~» Waktu datang dan waktu pergi kita tidak membawa apa²...

~» Jangan sombong karena kaya dan berkedudukan..

~» Jangan minder karena miskin dan hina...

~» Bukankah kita semua hanyalah tamu dan semua milik kita hanyalah pinjaman...

~» TETAPLAH RENDAH HATI seberapapun tinggi kedudukan kita...

~» TETAPLAH PERCAYA DIRI seberapapun kekurangan kita...

~» Karena kita hadir tidak membawa apa-apa dan kembali juga tidak membawa apa-apa...

Hanya pahala kebajikan atau dosa kejahatan yang dapat kita bawa.

~»Datang ditemani oleh Tangis.....
Pergi juga ditemani oleh Tangis.....

~» Maka dari itu TETAPLAH BERSYUKUR, dalam segala keadaan apa pun, dan HIDUPLAH disaat yg benar-benar ada dan nyata utk kita, yaitu SAAT INI, bukan dari bayang2 MASA LALU maupun mencemaskan MASA DATANG yg blm lagi tiba...

MENUAI ASMARA ATASAN

Menjalin asmara dengan atasan merupakan keuntungan, karena sudah pasti Anda tentu special di matanya. Sebaiknya baca dan mengetahui pedoman cinta kepada atasan, agar cinta Anda tetap awet dan prestasi Anda tetap jadi nomor satu.

>> Jangan pernah curhat soal hubungan asmara Anda pada rekan Anda. Ke mana biasanya Anda kencan, apa kekurangan kekasih sekaligus atasan Anda, atau hal-hal pribadi yang tidak semua orang tahu.

>>  Hindarilah terlalu sering dan berada di tempat tertutup dalam waktu yang cukup lama hanya berdua saja. Sekalipun itu adalah untuk urusan pekerjaan. 

Resep Kue Lumpur Pandan Suji

:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:
200 ml santan kental
200 ml air pandan suji
3 lbr daun jeruk purut
1/2sdt garam
2 btr telur
150 gr kentang kukus haluskan
120 gr tepung terigu
120 gr gula pasir.

Cara membuat:
Campur santan dan air pandan suji, aduk rata sisihkan.
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan kentang halus, aduk rata. Tuangi air santan hijau secara bertahap sambil diaduk rata.
Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan ¾ penuh. Tutup. Biarkan setengah matang, hias dengan kismis.
Tutup lagi masak sampai matang. Angkat.

Resep Iga Kuah Asam Pedas

~ Iga Kuah Asam Pedas ~

Bahan:
1 kg iga sapi
1500 ml air
5 bh bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
4 bh cabai merah, besar, belah-belah
4 bh cabai hijau, belah-belah
10 bh cabai rawit merah
2 cm jahe, memarkan
10 bh belimbing sayur, potong 3 bagian
3 btg serai, memarkan
10 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
1 ikat daun kemangi
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Didihkan air, masukkan iga sapi, rebus sampai empuk.
2. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, belimbing sayur, serai, daun jeruk, dan garam, masak sampai bumbu meresap.
3. Terakhir masukkan daun kemangi, masak sampai semua bahan matang. Sajikan dengan nasi putih.

Resep IKAN BAWAL BAKAR

Bumbu oriental yang terdapat pada resep menjadikan ikan bawal bakar ini menjadi menu pilihan utama bagi anda yang suka dengan ikan bakar.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
4 ekor ikan bawal
6 siung bawang putih, diparut
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh air jeruk nipis
3 cm jahe parut
3 sendok makan saus tiram
1 sendok makan saus sambal
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh minyak wijen

Cara Pengolahan :
Aduk rata bawang putih, garam, air jeruk nipis, jahe, saus tiram, saus sambal, kecap manis, merica bubuk, dan minyak wijen.
Lumurkan ke dalam ikan bawal dan seluruh badan ikan bawal. Diamkan 30 menit dalam lemari es.
Bakar sambil diolesi sisa bumbu dan dibolak balik sampai matang.
Untuk 4 porsi.

Bermula dari Bandara Berakhir di Pernikahan

Pernah menonton film "Love Actually"? Ada satu bagian di film tersebut yang memperlihatkan bahwa bandara menjadi tempat yang multifungsi, yaitu tempat berpisah sekaligus bertemu. Titik dimana cerita cinta bisa terjalin di sana, bahkan hingga sampai di pernikahan.
Seperti yg terjadi pada kehidupan Dhepy (27 tahun) dan Ben (39 tahun), yang sama-sama bekerja di maskapai penerbangan, banyak bekerja di seputar bandara, sampai akhirnya menikah dan can’t be happier berkat pertemuan mereka di bandara.

Kehidupan cinta sang pramugari
Cita-cita menjadi pramugari bukan sesuatu yang saya tulis di diary ketika saya lecil. Awalnya saya bergabung dan memberanikan diri untuk bekerja di sebuah maskapai penerbangan, karena saya ingin memoles bahasa asing saya, dimana menurut saya cara terbaiknya adalah dengan bekerja melihat dunia luar, yang tak lain adalah menjadi pramugari. Dari target awal hanya mau coba-coba dan tak bertahan lama, ternyata karier ini berlangsung sampai sekarang. Sampai saya telah memomong seorang laki-laki kecil yang tampan hasil pernikahan saya dengan seorang engineer dari sebuah maskapai. Sepenggal kisah yang saya ceritakan ini adalah cerita tentang seorang pramugari yang sangat mencintai kebebasan dan masih sangat ingin bisa terbang bebas melihat dunia luar, namun akhirnya mendarat di tempat paling indah bernama keluarga, yang terdiri dari seorang suami dan seorang anak. And, here the the story goes…

Di bandara, cinta kami terjalin...
Pekerjaan saya sebagai personnel navigation commercial atau yang umum dikenal sebagai pramugari sebuah maskapai internasional, tak disangka mempertemukan saya dengan Banipal Bet Warda, laki-laki keturunan Iran, Jerman, dan Rusia, yang diperkenalkan oleh rekan kerja saya. Awal perkenalan itu awalnya dimaksudkan rekan kerja agar Ben bisa menjadi kenalan saya ketika sedang berada di Dubai, karena rekan kerja tahu saya tak kenal siapa-siapa di negara tersebut. Awalnya saya menolak, karena sebenarnya saya pun tak berminat untuk jalan-jalan ketika berhenti di Dubai, biasanya waktu saya habiskan hanya untuk beristirahat. Singkat cerita, kami berkenalan pertama kali di Facebook, lalu banyak berkomunikasi dan pertama kali bertatap muka via Skype, karena lucunya setelah kami berkenalan saya malah tak lagi mendapat rute terbang ke Dubai, dan membuat kami tak jadi-jadi untuk bisa bertemu langsung. Akhirnya, beberapa bulan kemudian, tepatnya pada April 2011, kami akhirnya bertemu empat mata pertama kali di LAX Airport, Los Angeles, dimana ia menyambutnya dengan sebuket bunga, sementara saya dengan penampilan setelah terbang 16 jam.

Pertemuan itu lalu berlanjut ke peningkatan hubungan menjadi sepasang kekasih. Sudah berkomitmen untuk berpacaran, bukan berarti hubungan kami berjalan dengan indahnya. Entah sudah berapa puluh kali saya mengucapkan kalimat perpisahan dan berniat meninggalkannya. Banyak saja penyebabnya, tapi masalah utamanya adalah waktu. Saya bekerja mengelilingi dunia, dia punya jadwal pekerjaan ala maskapai yang tak kenal pagi atau malam, sehingga kami berdua harus berjuang serta berkomitmen untuk menetapkan jadwal bila memang ingin bertemu. Jadwal kerja saya memang fleksibel, karena rute  penerbangan sudah saya ketahui sebulan sebelumnya. Kemungkinan untuk bertukar jadwal dengan rekan lainnya agar bisa menyamakan hari libur saya dengan Ben pun bisa, namun itu bukan hal yang mudah.
Biasanya, bila kami ingin bertemu, kami harus tentukan dulu dimana kami akan bertemu, apakah di Dubai tempat tinggal bekerjanya, atau di Los Angeles, tempat asalnya, atau bisa juga di Hongkong yang jadi domisili saya. Bila meeting point sudah dapat, baru kami mengurus dokumen yang diperlukan, seperti Ben harus menyiapkan visa Dubai untuk saya bila kami merencanakan bertemu di sana. Itu baru sebagian kecil “drama” untuk bertemu, belum ditambah dengan jadwal panggilan kerja Ben yang mendadak, sehingga bisa buyar persiapan matang kami untuk bertemu. Itu sebabnya, emosi akan cepat sekali tersulut, karena tekanan kerja kami berdua sangatlah tinggi. Bisa dibilang, selama setahun kami berpacaran, kami lebih banyak berjauhan dan kalau mau bertemu usahanya harus sangat gigih. Tak sesederhana berteleponan dan janjian ketemu di mall untuk nonton di bioskop seperti pasangan pada umumnya.